Kamis, 25 April 2013

Tips dalam memilih mainan anak

Mainan merupakan sarana untuk bermain dan karena bermain menjadi bagian penting untuk pembelajaran anak, mainan dapat juga dijadikan sarana untuk belajar. Karena alasan inilah, sangat penting Anda sebagai orang tua dalam membuat keputusan yang tepat untuk memilih mainan anak yang akan diberikan kepada anak Anda. Dibawah ini ada 5 tips dalam memilih mainan anak, yaitu:

1. Pilihlah mainan yang akan merangsang pikiran anak dan mengasah keterampilan. Perkembangan anak menjadi hal yang sangat penting karena meliputi memelihara keseimbangan, koordinasi bilateral, kesadaran tubuh, koordinasi mata dengan tangan serta kaki, keterampilan motorik halus dan kasar, perkembangan bahasa, keterampilan mendengarkan, pemecahan masalah, kekuatan otot, keterampilan sosial, hubungan spasial dan pelacakan visual.

Hati-hati dalam membuat pilihan terhadap mainan anak. Ingat, mainan anak yang bagus adalah mainan yang membuat anak menjadi aktif dan tidak hanya menjadi penonton saja pasif. Misalnya, Mainan kayu bernama rancang bangun balok yang memungkinkan anak Anda untuk menggunakan imajinasinya dalam menciptakan suatu bentuk baru seperti bangunan, jembatan dll. Sementara mainan elektronik hanya menghibur anak Anda tanpa memperluas kemampuan mentalnya.

2. Pilihlah mainan aman. Banyak hal yang harus dimasukkan ke dalam daftar keselamatan seperti: tidak boleh ada bagian cukup kecil yang dapat dimasukan ke dalam mulut anak Anda, tidak boleh ada bagian yang longgar, tidak ada tepi tajam atau runcing yang dapat membahayakan anak Anda, tidak boleh ada tali panjang dan string yang dapat menimbulkan lemas atau bahaya tercekik, dan mainan harus terbuat dari bahan tidak beracun dan tidak boleh mengandung jumlah cat timbal yang berbahaya bagi anak Anda.

3. Pilihlah mainan yang sesuai untuk usia anak Anda. Selalu periksa rekomendasi usia pada bungkus mainan untuk melihat apakah mainan tersebut cocok untuk anak Anda. Jika Anda memiliki keraguan terhadap mainan yang hendak dibeli maka lebih baik jangan dibeli demi kemanan anak . Memilih mainan anak yang cocok untuk usia akan membuat kemajuan perkembangan anak Anda.

4. Pilih mainan yang tahan lama dan memiliki nilai bermain jangka panjang. Periksa pada bagian mainan untuk melihat apakah mainan anak itu terbuat dari bahan yang tahan lama dan memilih merek mainan yang dapat dipercaya untuk memastikan bahwa mainan yang Anda beli terbuat dari bahan kualitas tinggi dan akan bertahan lama dengan anak Anda. Rekomendasi jenis mainan yaitu rancang bangun balok karena memainkannya membutuhkan proses yang lama dan tidak ada habisnya. Selalu ada bentuk atau bangunan baru yang tercipta sesuai daya imajinasinya.

5. Pilihlah mainan yang sesuai dengan norma keluarga Anda. Jangan membeli mainan yang memberikan nilai negatif. Mainan anak Anda tidak hanya harus berperan dalam mengajarkan anak Anda keterampilan, tetapi juga nilai-nilai moral yang tepat bahwa dia akan perlu untuk tumbuh sebagai individu yang terhormat.

sumber : http://pelangimainan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar